Senin, 16 Mei 2011

motif dan motifasi


MOTIF DAN MOTIFASI
a.     Pengertian
Motif  merupakan pengertian yang  mencakup penggerak, keinginan, hasrat, rangsangan, dan pembangkit tenaga menyebabkan alasan dan dorongan dalam diri manusia, Yang menyebab- kan  ia berbuat sesuatu. Motif adalah hal dalam diri manusia yang mendasari atau menentu perilaku indifidu. Motif memberi tujuan dan arah kepada perilaku manusia. Motif (motion) yang berarti gerakan atas yang berarti gerak atau sesuatu yang bergerak. Gerakan tersebut dikaitkan dengan sesuatu yang dilakukan oleh nanusia yaitu perbuatan dan perilaku. 
Beberapa pendapat pakar tentang pengertian motif :
Lindzey, hal dan tomson 1975 seperti yang dikemukakan oleh abu ahmadi (1999) motif adalah sesuatu yang menimbulkan perilaku.
Gerungan 1996, motif adalah sesuatu yang melengkapi semua penggerak,  alasan-alasan, dorong-dorongan, dalam diri manusia yang menyebabkan yang berbuat sesuatu.
Sarwono sw 2000,mtif berarti rangsangan atau dorongan atau pembangkit tenaga bagi terjadi nya suatu perilaku
ASAL DAN PERKEMBANGAN MOTIF
Manusia sebagai makhlup biologis mengalami perkembangan  sebagai akibat proses mengalami pematangan atau maturation, latihan (exertice) dalam proses belajar learning process sewaktu individu dilahirkan telah membawa motif yang berhubungan dengan kelangsungan hidup.yang disebut Motif Biologis dan bersifat  Alami. Dengaqn demikian ada motif biologis atau motif alami sebagai motif dasar dan ada motif yang diperoleh dari latihan dan belajar.
TIMBULNYA MOTIF
Motif timbul karena adanya ketidak seimbangan dalam diri manusia atau individu. akibat ketidak seimbangan tersebut , akan menimbulkan kebutuhan untuk segera dipenuhi. Sehingga terjadi keseimbanga n homeostasis, bagaimana caranya memenuhi keseimbangan, caranya adalah manusia harus berperilaku.
MACAM – MACAM MOTIF
Secara umum
Motif primer  adalah motif yang tidak dapat dipelajari  karena berbentuk insting, dan mempertahankan hidup dan mengembangkan keturunan.
Contoh :  haus, lapar, sex, bernapas, dan istirahat.

Motif sekunder motif yang dapat dimodifikasi dan dikembangkan dan dipelajari seiring denga n pengalaman yang diperoleh inividu.


Menurut Abu Ahmadi 1999
Motif terbagi atas tiga macam yaitu :
motif biologis
motif sosiologis
motif teologis
Menurut Wood worth dan Marquis
motif yang berhubungan dengan kebutuhan organik dan berasal dari Dalam diri manusia
motif yang berkembang karena interaksi individu dengan lingkungan  dan berasal dari luar individu. diibedakan menjadi dua yaitu:
motif darurat
motif objektif
Menurut Maslow 1955
Membagi motif mernjadi  :
motif kekurangan
motif pertumbuhan
Menurut Gardner Linzhey, Calvin S. Hall dan R. F. Thompson
Mengklasifikasikan  motif menjadi dua macam :
drives (Needs), yaitu kekuatan yang ada dalam diri manusia atau individu setiap orang yang membuat untuk bertindak. Dibedakan menjadi :
drives primer
drives yang dipelajari
Incentives, yaitu benda atau situasdi disekitar lingkungan kita yang merangsang tingkah laku individu.
MOTIVASIA
Adanya keinginan dan kebutuhan dalam  diri individu atau manusia. Memotifasi indifidu tersebut untuk memenuhi kebutuhaannya, indifidu  yang haus akan mengarahkan perilakunya untuk minum.
PENGERTIAN
Motivasi adalah sesuuatu yang mendorong untuk berbuat atau beraksi. Menurut Nansi Steven Song   2001, motifasi adalah semua hal ferbal fisik dan phisicology yang membuat seseorang untuk membuat  seseorang melakukan sesatu sebagai respon.  Menurut Sarwono SW  2000, motifasi menunjuk pada proses gerakan  termasuk situasi yang mendorong yang timbul  dari dalm diri individu.


JENIS MOTIFATOR
Manusia sifat yang unik sehingga untuk memotifasi  satu dengan yang lain tidak harus sama melalui pemahaman Hierarki, kebutuhan Maslow  kita dapat mengetahui jenis-jenis motifator . menurut Abraham C. Dan Sanlei F. 1997 jenis  motifator adalah uang, tantangan, penghormatan, pujian, realigi, atasan, lingkungan kerja yang menarik, jam  kerja yang fleksibel, promosi, penghagaan, pengakuan, persahabatan, kkemandirian, lingkuangan yang kreatif, bonus, keyakinan dalam bekerja, ucapan terima kasih.
CARA MEMOTIFASI
Ada beberapa cara yang diterapkan untuk memotifasi seseorang, memotifasi dalam kekerasan.    
Memotifasi dalam bujukan
Memotifasi dengan indentifikasi



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar